BPBD Pringsewu: Bantuan Dari Pemkab Untuk Kiai Haji Munawir

… lebih baik bila dilakukan antisipasi terhadap musibah …

Pringsewu, BPBD.

Sesabar-sabarnya orang biasa, masih lebih sabar orang yang tinggi ilmu agamanya. Seperti itulah kiranya gambaran yang pas bagi sosok KH. Munawir dalam menyikapi ujian dari Tuhan. Pendapat ini tidak berlebihan setelah tim dari BPBD Kabupaten Pringsewu, pada Senin sore lalu (02/09/2019), bertamu ke kediaman beliau di RT 08, RW 06, Pekon Keputran, Kecamatan Sukoharjo.

Setelah menghentikan ayunan palu yang harmonis, tokoh bersahaja yang menjadi Katib Syuriyah PCNU Pringsewu itu bergegas menyambut Kepala Pelaksana BPBD Pringsewu, M. Khotim, beserta Kepala Seksi Logistik dan Perbekalan, Abdul Haris. Tidak lagi tampak raut sedih atau kehilangan. Persis ketika beliau baru mengalami musibah, 17 hari yang lewat, seolah tidak terjadi apa-apa. Sore itu pun beliau sedang memulai pembangunan ulang dapur untuk santri yang habis terbakar pada malam 16 Agustus lalu, tepat di atas lokasi kejadian.

Baca: Kebakaran jelang malam tujuhbelasan

KH. Munawir yang bersahaja bersama Kepala Pelaksana BPBD, M. Khotim

Setelah bertegur sapa dan berbincang singkat lagi hangat, Kepala Pelaksana BPBD mengutarakan maksud kedatangannya untuk menyerahkan bantuan. Bantuan yang dimaksud merupakan wujud perhatian dari Bupati dan Wakil Bupati Pringsewu atas nama pemerintah daerah kabupaten, yang disampaikan melalui BPBD.

Kepala Seksi Logistik dan Perbekalan BPBD Kabupaten Pringsewu kemudian merinci bantuan yang diserahkan sebagai berikut: kayu sejumlah satu meter kubik, asbes sebanyak 40 lembar, dan semen 10 zak. Adapun M. Khotim menyampaikan permohonan maaf dan permakluman bila bantuan tersebut dinilai masih belum mampu menggantikan kerugian. Namun, KH. Munawir dengan tulus mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak Pemerintah Kabupaten Pringsewu atas bantuan bahan bangunan yang diterimanya, dan tidak terlintas di pikiran untuk menilai lebih atau kurang atas bantuan apapun yang sampai kepada dirinya.

Setelah penyerahan bantuan yang turut disaksikan oleh Sekretaris Pekon Keputran, Sugeng Kurniadi, Kepala Seksi Logistik dan Perbekalan BPBD Kabupaten Pringsewu memberikan pengarahan agar pihak pekon segera mengurus surat permohonan bantuan berupa uang yang ditujukan kepada Bupati Pringsewu dalam hal ini/casu quo BPKAD. Menjadi lampiran surat tersebut yakni foto-foto kejadian kebakaran. Abdul Haris tidak lupa menuturkan bahwa pihak pekon layak menyertakan keterangan “rusak berat” dalam surat permohonan bantuan.

Terakhir, tentu saja sikap sabar dalam menghadapi cobaan berupa musibah harus dikedepankan. Namun, alangkah lebih baik bila dilakukan antisipasi terhadap musibah-musibah yang masih dalam kuasa manusia untuk menghindarinya. Contoh: kebakaran. Oleh karena itu BPBD Kabupaten Pringsewu tidak bosan-bosannya mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dalam menghadapi datangnya bencana alam maupun musibah kebakaran.

Bila kewaspadaan sudah ditingkatkan dan upaya pencegahan telah dilakukan, tetapi bencana serta musibah tetap terjadi, segera hubungi BPBD di nomor (0729) 21108.

(p&u)

Leave a Response