Peralatan Bencana

Ketika terjadi bencana, logistik dibutuhkan untuk pemenuhan kebutuhan dasar seperti pangan, sandang, papan, dan turunannya. Sedangkan peralatan dibutuhkan untuk melakukan, pencarian, penyelamatan, dan evakuasi masyarakat terdampak bencana, serta membantu pemenuhan kebutuhan dasar demi memulihkan dengan segera sarana prasarana vital.

Demikian pentingnya kedua hal tersebut di atas dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana sehingga Kepala BNPB Republik Indonesia menerbitkan Peraturan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Republik Indonesia Nomor 04 Tahun 2018 Tentang Sistem Manajemen Logistik Dan Peralatan.

Dalam konteks penyelenggaraan penanggulangan bencana di tingkat kabupaten/kota, pasal 13 dalam peraturan tersebut di atas mengatur tentang koordinasi BPBD dengan organisasi/lembaga yang bisa membantu Sistem Manajemen Logistik dan Peralatan. Atas dasar peraturan terkait, BPBD Kabupaten Pringsewu melalui PUSDATIN BPBD Kabupaten Pringsewu telah melakukan langkah awal dan paling sederhana, yakni pengumpulan data peralatan yang bisa digunakan (pinjam pakai atau hibah) saat terjadi bencana, dari beberapa organisasi pemerintah daerah terkait. Pengumpulan data ini penting karena dalam situasi terjadi bencana tidak mungkin BPBD bekerja sendirian tanpa bantuan dari sesama organisasi pemerintah maupun non-pemerintah. Bantuan yang dimaksud bisa berupa tenaga, pikiran, biaya, logistik, dan peralatan.

Berikut ini daftar organisasi pemerintah daerah dan lembaga non-pemerintah beserta Data Peralatan Bencana yang berhasil dihimpun oleh PUSDATIN BPBD Kabupaten Pringsewu sekaligus tautan untuk mengunduhnya:

  1. Data Peralatan Bencana BPBD
  2. Data Peralatan Bencana Dinas PU PR
  3. Data Peralatan Bencana Dinas Pertanian
  4. Data Peralatan Bencana Dinas Sosial
  5. Data Peralatan Bencana Dinas Kesehatan
  6. Data Peralatan Bencana RAPI
  7. Data Peralatan Bencana PMI