Tidak Sampai Satu Hari, Bantuan Bupati Tiba Untuk Ibu Dewi

… BPBD tetap mengapresiasi kesigapan warga yang tinggal di sekitar lokasi kejadian untuk mengupayakan pemadaman dengan peralatan seadanya

Pringsewu, BPBD.

Diduga akibat membakar sampah tanpa pengawasan, nasib apes menimpa Ibu Dewi Masruroh yang menempati rumah peninggalan almarhum Bapak Bahroji, Kamis (19/12/2019) kemarin. Didahului viralnya video dan foto kejadian di beberapa grup media sosial seputar Pringsewu sekitar pukul 14.30 WIB, dua unit mobil damkar BPBD Kabupaten Pringsewu langsung meluncur ke lokasi. Bermodal video dan foto, satgas pemadam langsung mengenali lokasi rumah berlantai dua yang terbakar, yakni di tepi jalan raya di wilayah Dusun Sari Bumi, RT 01/RW 01, Pekon Wates Selatan, Kecamatan Gadingrejo.

Pemadam Kebakaran tiba saat api hampir padam

Setibanya satgas pemadam kebakaran di lokasi, api hampir padam. Namun, penyiraman tetap dilakukan satgas damkar hingga api dinyatakan padam pada pukul 15.15 WIB. Meski laporan kejadian kebakaran terlambat diterima, BPBD tetap mengapresiasi kesigapan warga yang tinggal di sekitar lokasi kejadian untuk mengupayakan pemadaman dengan peralatan seadanya.

Peristiwa kebakaran ini lekas sampai ke telinga Bapak Hi. Sujadi selaku Bupati Pringsewu. Langsung saja sebagai wujud kepedulian, beliau memberi amanah kepada Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pringsewu untuk menyerahkan bantuan kepada korban berupa satu set perlengkapan dapur, satu paket sembako, dan satu set family kit.

Kepala Pelaksana BPBD menyerahkan bantuan kepada Ibu Dewi Masruroh
Satu paket bantuan yang diserahkan: sembako, peralatan dapur, family kit

Menjalankan amanah yang diberikan, M. Khotim selaku Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pringsewu berangkat ke lokasi pada Jumat, 20 Desember 2019. Tentunya beliau tidak sendirian, melainkan dikawal oleh Kepala Seksi Logistik, Abdul Haris, dan Kepala Seksi Rekonstruksi, Aris Daryanto. Sedangkan di lokasi sudah menunggu, bhabinkamtibmas, Camat Gadingrejo, dan Kepala Pekon Wates Selatan untuk menyaksikan penyerahan bantuan.

Camat Gadingejo turut menyerahkan bantuan dari Bupati Pringsewu

Kepada segenap warga Kabupaten Pringsewu, BPBD menyampaikan pesan singkat ini. Memang, musim hujan telah tiba yang menyudahi kemarau panjang. Namun, potensi kejadian kebakaran tidak lantas menghilang. Siaga menghadapi bencana alam atau musibah kebakaran bisa diawali dengan mengenali lingkungan tempat anda tinggal atau bekerja. Perhatikan bahaya-bahaya apa saja yang mengintai. Kemudian siapkan upaya pencegahan yang bisa saja berupa rencana aksi/tindakan maupun penyediaan peralatan seperti Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di tempat tinggal dan tempat kerja.

Jika upaya pencegahan mandiri dirasa tidak cukup membantu, pertimbangkan untuk melibatkan pihak lain yang profesional. Dengan demikian, bila kewaspadaan sudah ditingkatkan dan upaya pencegahan telah dilakukan, tetapi bencana serta musibah tetap terjadi, jangan terhanyut dalam penyesalan. Segera hubungi BPBD di nomor (0729) 21108.

Salam BPBD: tanggap, tangkas, tangguh!

(p&u)

Leave a Response